Apa sih ERP dan 4 manfaatnya bagi bisnis kalian

25 September 2019

Penggunaan teknologi informasi melalui penerapan aplikasi-aplikasi sistem informasi telah banyak dilakukan perusahaan saat ini, salah satunya adalah sistem enterprise resource planning (ERP).

ERP merupakan singkatan dari kata enterprise (organisasi/perusahaan), resource (sumber daya), dan planning (perencanaan) atau dalam Bahasa Indonesia disebut perencanaan sumber daya perusahaan.

Berikut manfaat ERP bagi bisnis kalian

1. Efisiensi pekerjaaan lebih optimal

Sistem ERP berfungsi untuk mempermudah dan menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga.

Tugas-tugas kompleks seperti pembagian tugas karyawan, pemantauan jam kerja, penggajian, pembuatan laporan keuangan, semuanya dapat dilakukan secara otomatis. Dengan berkurangnya pekerjaan manual, tim dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka tanpa harus mengganggu tim lainnya.

ERP juga menyediakan akses data yang cepat bagi manajer dan pemangku kepentingan di perusahaan. Pengambil keputusan dapat memantau indikator kinerja utama di seluruh perusahaan hanya melalui dasbor.

Seluruh data yang dibutuhkan dapat dihasilkan secara langsung dan realtime.

2. Meningkatkan harmoni antara divisi

Harmoni yang terjalin antar-divisi merupakan bagian yang krusial dan sering diperlukan dalam bisnis.

ERP software menghilangkan sekat-sekat pembatas antara divisi. Dengan data yang dimasukkan ke dalam sistem ERP yang terpusat dan konsisten, satu departemen dapat mengakses data dari departemen yang lain. 

ERP yang berbasis SaaS atau Cloud dapat memperluas kolaborasi antar-tim yang ada diseluruh cabang perusahaan melalui internet.

3. Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Sistem ERP juga dapat membantu perusahaan dalam menghemat biaya operasional perusahaan.

Karena sebagian besar aktivitas operasional diotomatiskan, segala bentuk masalah oprasional yang bisa diotomatiskan menjadi lebih efektif dan efesien, maka berbagai gangguan, kendala, dan kerusakan dapat diantisipasi dengan baik. Seluruh pekerjaan kompleks dapat diselesaikan dengan lebih cepat sehingga ini dapat mengurangi menghemat waktu.

Perusahaan juga dapat mengurangi biaya tenaga kerja, karena ERP mampu mengambil alih berbagai pekerjaan manual.

4. Keamanaan data lebih aman

Sistem ERP memiliki sistem keamanaan dan kontrol pembatasan untuk mencegah pelanggaran data.

Seluruh data disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik akses dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya pun terjaga.

Misalnya, manajer keuangan dapat menyembunyikan data-data penting hanya untuk dirinya dan para pemangku kepentingan sementara memberikan hak akses kepada karyawan untuk melihat data keuangan mereka masing-masing. Admin juga dapat dengan cepat menghentikan akses karyawan yang diberhentikan dan memberikan hak akses kepada karyawan baru.

Sistem ERP juga menunjukkan aktivitas pengguna, sehingga admin dapat dengan mudah mengidentifikasi tindakan yang tidak sah atau pola aktivitas yang mencurigakan dalam sistem ERP.

2019 - Powered By Goodeva

2019 - Powered By Goodeva