5 keuntungan menggunakan TMS atau trucking managemenet system

03 November 2019

Pada era teknologi saat ini, penggunaan teknologi sudah mencanggkup berbagai macam lini industri salah satunya industri logistik dengan kebutuhan kecepatan dan ketepatan, munculah sistem otomatis untuk membantu  manajement transportasi.

 Teknologi otomatis manajement transpotasi tersebut adalah transportasi management system atau yang biasa disingkat TMS. Teknologi ini dapat di gunakan untuk pengolaan transportasi perusahaan dengan mengurangi proses memasukan data secara manual, memantau moda transportasi efesiensi pengiriman dan masih banyak lagi. adapun keuntungan-keuntungan antara menggunakan TMS adalah:

 

1.Memudahkan kontrol perusahaan

Penggunaan teknologi menjadi kunci penting bagi setiap perusahaan untuk menggembangkan bisnisnya, dengan menggunkan teknologi TMS ini perusahaan logistic mampu mengontrol seluruh moda transportasinya dalam satu dashboard sehingga memudahkan dalam evaluasi perusahaan dalam mengambil sebuah kebijaka strategis bagi perusahaannya.

2.Meningkatkan efesiensi perusahaan

Dengan menggunakan TMS maka waktu untuk mengatur pengiriman barang  barang kan berkurang karena adanya otomasi logistik sehingga perusahaan  tersebut mempunyai waktu lebih banyak untuk mengerjakan dan menoptimalkan perusahaan, selain itu biasanya TMS akan di integrasikan  ke ERP  perusahaan yg terkait sehingga kesalahan data entri akan berkurang  dan  waktu yang harus diperlukan untuk mengoreksi data entri juga berkurang.

3.Meningkatkan kapabilitas pengiriman barang

Sebuah TMS mengoptimalisasi bagaimana sebuah perusahaan mengirim  barang. Misalkan ada sebuah perusahaan yang ingin membuat pool point distribution, sebuah Transportation Management System  dapat membuat  secara otomatis dokumen bill of lading (dokumen  yang membuktikan  pemuatan barang di atas kapal) dan perusahaan tersebut dapat memiliki  individu-individu yang login ke TMS di lokasi yang berbeda-beda yang nantinya  dapat dikelola oleh satu orang admin.

4.Akses Data secara real time

Ketika data bisa diakses secara real time dan didukung dengan adanya  kemampuan untuk mengolah data menjadi sebuah report, maka akan ada nilai  tambah untuk membuat keputusan bisnis, dan keputusan tersebut kan  menjadi  lebih baik karena sudah di dukung berdasarkan data trend dan history yang  telah terjadi. Misalkan sebuah perusahaan mempunyai sebuah data mengenai  penggunaan kendaraan dari vendor X sebanyak 70 %, dari data tersebut  kita  mendapatkan bahwa pemilihan vendor X Karena harga yang lebih  murah. Di data lain kita mendapatkan bahwa 30 % pengiriman yang dilakukan  oleh  vendor X terlambat sampai ke tujuan. Dengan asumsi tersebut, tentu  saja  perusahaan tersebut akan berpikir panjang jika akan menggunakan perusahaan  X  karena  tingginya angka keterlambatan. Proses inilah yang didukung oleh  otomasi, sehingga individu-individu di perusahaan tersebut mendapatkan data  yang diinginkan  dan memberikan bantuan untuk melakukan pengambilan  keputusan.

5.Meningkatkan pelayanan terhadap customer

Dengan menggunakan TMS, maka customer akan mendapatkan informasi tracking kendaraan secara real time, proses auto pick-up, jaminan asuransi dan perhitungan transportasi berdasarkan kebutuhan yang bisa dikustomisasi. Dengan demikian customer akan mendapatkan secara tepat biaya yang dikeluarkan dan juga customer akan mendapatkan informasi kapan sampai di tujuan dengan notifikasi yang diberikan secara otomatis.

 

Sumber :  tmstech dan goodeva.com

2019 - Powered By Goodeva

2019 - Powered By Goodeva